Ajarkan Puasa pada Anak-Anak dengan Tips Berikut!

Ajarkan Puasa pada Anak-Anak dengan Tips Berikut!

Bulan Ramadhan merupakan bulan spesial bagi umat Islam di dunia, dimana pada bulan tersebut semua umat Islam menjalankan ibadah berpuasa. Sebagai orang tua kita perlu melatih anak berpuasa sejak dini. Tumbuhkan kesadaran berpuasa dan ajarkan secara bertahap dan menyenangkan. Dengan mengajarkan puasa sejak dini, anak akan lebih mudah terbiasa dalam menjalani ibadah puasa tanpa merasakan puasa sebagai beban.

Puasa bisa menjadi ibadah yang menyenangkan, bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan spiritual. Bulan Ramadan adalah bulan yang sempurna untuk mengajarkan anak berbagai aspek kebaikan. Meski begitu, mengajarkan hal yang baik pada anak tentu tidak akan mudah. Terutama mengajari mereka berpuasa. Anak-anak memerlukan waktu untuk berlatih berpuasa dengan baik. Ada beberapa tips untuk mengajari si kecilberpuasa agar dia menjalani puasa dengan nyaman tanpa mengeluh.

Jelaskan tentang kewajiban puasa
Berikan pemahaman tentang kewajiban umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, dimana puasa adalah salah satu kewajiban yang yang harus dijalankan selain ibadah-ibadah wajib lainnya. Jelaskan juga mengenai keistimewaan bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan yang lain, dimana ibadah yang kita lakukan saat bulan Ramadhan akan mendapat pahala yang berlimpah.

Buatkan menu sahur yang disukai
Masukkan makanan favorit anak-anak ke dalam menu sahur sehingga mereka bersemangat memakannya. Siapkan makanan yang bergizi agar mereka tetap segar di siang hari. Berikan karbohidrat kompleks seperti nasi, kentang, beras merah yang membuat kenyang lebih lama dan jangan lupa tambahkan vitamin sebagai suplemen pelengkap gizi anak Anda.

Lakukan puasa secara bertahap
Jangan paksakan anak untuk berpuasa penuh satu hari. Lakukan bertahap agar dia tidak merasa berat menjalaninya. Pada awalnya, biarkan dia puasa sampai jam 12 siang, lakukan ini selama 2-3 hari, kemudian di hari berikutnya, setelah berbuka puasa pada jam 12, ajak dia melanjutkan puasanya sampai magrib.

Berikan aktivitas yang menghibur
Agar perhatian anak tidak tertuju pada rasa lapar, ajak dia melakukan kegiatan yang dapat mengalihkan pikirannya terhadap rasa lapar. Ajak dia menonton televisi bersama, membacakan cerita untuknya, membuat handicraft yang dia sukai, atau bermain game bersama.

Berikan hadiah
Tidak ada salahnya menjanjikan hadiah agar mereka termotivasi menyelesaikan puasanya sampai sore selama satu bulan penuh.

Buka puasa bersama
Saat berbuka puasa adalah saat yang paling ditunggu oleh anak-anak setelah menjalani puasa sehari penuh. Oleh karena itu siapkan minuman yang menyegarkan saat berbuka puasa seperti es buah, es kolak pisang dan lain-lain. Setelah sholat magrib bersama, ajak dia makan nasi lengkap dengan sayur dan lauk pauk. Makanlah secukupnya dan jangan terburu-buru agar perut tidak sakit.

Ajak shalat tarawih berjamaah
Sebagai pelengkap ibadah di bulan Ramadhan, ajak anak Anda ikut menjalankan sholat tarawih di masjid yang dekat dengan rumah dan biarkan dia bertemu teman-temannya untuk berbagi pengalamannya dalam menjalankan ibadah puasa sehingga dia termotivasi untuk terus menjalankan puasanya di hari-hari berikutnya.

Itulah langkah untuk mengajarkan puasa pada anak Anda. Jangan cepat berputus asa ketika anak belum bisa berpuasa sebagaimana mestinya. Tetap latih anak Anda dengan bimbingan, kasih sayang dan kesabaran.

- See more at: http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/ajarkan-puasa-pada-anak-anak-dengan-tips-berikut.html#sthash.RGYZl2lo.dpuf