Agar terhindar dari dehidrasi pada saat puasa

Agar terhindar dari dehidrasi pada saat puasa

Di bulan puasa sekarang ini, umat islam dianjurkan untuk berpuasa selama 1 bulan penuh. Berpuasa menahan lapar dan haus dari sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Tapi tahukah Anda bahwa tantangan berat saat menjalani ibadah puasa adalah menahan haus? Apalagi jika saat berpuasa di musim kemarau. Tidak jarang, mereka yang memiliki aktivitas yang tinggi akan mengalami dehidrasi saat berpuasa karena tidak kuat menahan haus.

Beberapa hal yang bisa menjadi tanda dehidrasi seperti lemas, lesu, tidak bersemangat, hilang konsentrasi, dan sebagainya. Pada beberapa orang, dehidrasi juga bisa menyebabkan hilangnya kesadaran (pingsan). Tentu, kita ingin terhindar dari hal-hal sepert itu. Lalu, bagaimana supaya kita terhindar dari dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa?.

Minum air putih yang cukup

Dengan cukup meminum air putih, tubuh tidak akan mudah kekurangan cairan, sehingga kita pun akan terhindar dari bahaya dehidrasi. Seperti diketahui, dalam sehari minimal harus mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari agar tubuh tidak kekurangan cairan. Saat tidak berpuasa, kita tentu mudah untuk memenuhi jumlah minimal ini karena kita bisa sesering mungkin minum. Lalu, bagaimana saat berpuasa? Kita bisa minum air putih dengan bertahap. Saat santap sahur, kita minum 2-3 gelas air putih. Tapi tidak sekaligus, lakukan sedikit demi sedikit.

Saat berbuka puasa, awali dengan segelas air putih supaya perut tidak kaget setelah seharian berpuasa. Saat berbuka ini, kita minum lagi 1- 2 gelas. Sisanya saat malam hari, minum lagi air putih hingga cukup jumlahnya 8 gelas atau secukupnya.

Banyak konsumsi buah yang mengandung air

Konsumsi buah yang mengandung banyak air untuk menopang daya tahan tubuh kita. Dengan buah yang banyak mengandung air, membantu memperoleh kecukupan air untuk tubuh kita, sehingga kita tidak mudah dehidrasi. Buah-buhan seperti jeruk, semangka dan melon yang banyak mengandung air sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

Share :